logo atas pa

Written by Sabri, S.Sos on . Hits: 84

Kunjungan dan Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Pada Pengadilan Agama Sinjai

KPTA MAKASSAR 2

Kareba PA Sinjai – Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar Dr. Drs. H. Muh. Abduh Sulaeman S.H.,M.H pada Pengadilan Agama Sinjai, Jumat (3/11/2022) Jam.09 WITA pembinaan dilakukan bertempat di Ruang Sidang utama  Pengadilan Agama Sinjai.

Kunjungan dan pembinaan oleh KPTA Makassar  ini merupakan yang pertama kali  dilakukan di Pengadilan Agama Sinjai. merupakan kunjungan silaturahmi untuk melihat kondisi kantor dan pegawai – pegawai yang ada di Pengadilan Agama Sinjai Dimana kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sinjai Ibu Mudhirah, S.Ag., M.H., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Sinjai Ibu Rokiah Binti Mustaring, S.H.I., M.H.

Pada awal pembinaan, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar meenceritakan perjalanan menuju ke Pengadilan Agama Sinjai  lalu masuk kepengantar materi beliau menyampaikan bahwa sebagai pegawai jika hanya puas dengan aturan dan petunjuk yang ada akan memungkinkan tertinggal dalam pelayanan. Maka dari itu diperlukan inovasi atau pembaruan untuk dapat meningkatkan pelayanan. Dalam masa transisi antara manual dan elektronik menunjukkan seolah inovasi hanya dalam bentuk aplikasi, padahal inovasi juga bisa dalam bentuk kerja sama atau kebijakan sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya beliau menyampaikan ada 2 (dua) indikator keberhasilan seorang pegawai yaitu, Kinerja dan Prilaku. Tidak hanya kinerja yang baik namun perilaku buruk ataupun sebaliknya. Melainkan seorang aparatur harus menyeimbangkan antara kinerja dan perilaku harus sama-sama baik tidak hanya salah satu apalagi jika tidak keduanya. Untuk menciptakan perilaku aparatur yang baik kuncinya yaitu kode etik. Jika ingin memiliki perilaku yang baik harus memahami kode  etik masing-masing pegawai. Kemudian ketika bekerja harus ada aspek spiritual tidak hanya aspek glory. Aspek spiritual yaitu melibatkan Allah dengan mendekatkan diri kepada Allah Kegiatan di kantor harus ditunjang dengan aspek spiritual, setelah sudah bekerja sesuai dengan regulasi dan kode etik namun ada kalanya juga belum berhasil apabila Allah belum menghendaki. Maka harus melibatkan spiritual yaitu Allah dalam pekerjaan kita. Ketika kita mendapatkan kesulitan coba untuk koreksi diri bagaimana ibadah kita kepada Allah. Ujarnya.

Dalam pembinaan beliau menyinggung bagian kepeaniteraan dan keskretariatan yaitu Koor bisnis. Pengadilan Agama Sinjai adalah memberikan pelayanan dalam bidang penegakan hukum dan memberikan kepastian dan kemanfaatan baik kepaniteraan maupun kesekretariatan yaitu kepaniteraan berperan untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat sedangkan kesekretariatan menjadi pendukung dalam pelayanan tersebut agar berkolaborasi. Seperti Core Value Mahkamah Agung, salah satunya yaitu kolaborasi.

Dipenghujung acara pembinaan, ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Sinjai. Beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kunjungan dan pembinaannya oleh Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Makassar  apa yang telah disampaikan sangat bermakna selanjutnya dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

foto bersama KPTA MAKASSAR

 

 


 

Hubungi Kami

info6

Klik gambar untuk akses lebih lanjut

Media

 

Copyright © 2023 Pengadilan Agama Sinjai All Right Reserved